Kamis, 14 Agustus 2014

Tutorial belajar cara membaca tabulasi gitar (Guitar Tab)


melanjutkan postingan Ane yg kemarin,kali ini kita akan membahas dan belajar bagaimana cara membaca Tab gitar yg sebenarnya sangat mudah.

Postingan ini memang sengaja ane buat setelah kita belajar dan menguasai not balok terlebih dahulu,karena pada tab gitar kita tidak akan menjumpai atau mengetahui berapa tempo,ketukan dan durasi panjang pendek note yg harus dimainkan,karena memang tidak dituliskan di dalam Tab.jadi di banyak situasi kita *harus* mendengarkan sendiri lagu tersebut, dengan TAB di depan kita untuk membuat ritme dari notasinya. 

Untuk itu alangkah baiknya jika kita akan menulis Tab gitar sertakan juga not baloknya,agar lebih mudah untuk memainkannya dengan benar,karena dari not balok itulah baru kita akan bisa mengetahui berapa lama atau cepat note tersebut dimainkan,karena itu pada Tab gitar juga biasanya disertakan juga not balok diatasnya.

Baik kita mulai saja pembahasannya
TAB atau tabulasi adalah metode dalam menuliskan musik yang dimainkan pada
gitar atau bass menggunakan karakter dan nomor umum pada ASCII,
ini membuatnya ideal untuk ditempatkan seperti pada internet dimana setiap orang yang mempunyai computer dapat menghubungkan langsung, membuat copy dari file TAB, dan membacanya.

Tab terdiri dari 6 baris (atau empat untuk bass). Ini berhubungan dengan senar-senar dari instrumennya. Garis yang paling atas adalah string yang paling tinggi (atau senar no 1). dan garis yang dibawahnya adalah string yang lebih rendah (atau senar no 6). seperti notasi standar musik,Tab di baca dari kiri ke kanan untuk mengetahui urutan note yang harus dimainkan.

Dibawah ini adalah bit kosong dari TAB dengan nama string/senar pada bagian kiri.
  
E|----------------------------------------------------------------
B|----------------------------------------------------------------
G|----------------------------------------------------------------
D|----------------------------------------------------------------
A|----------------------------------------------------------------
E|----------------------------------------------------------------

Contoh Akord dalam sebuah tab gitar:
Berikut Kita lihat contoh penulisan akord dalam sebuah tab gitar: (Akord D7)

E|---2---
B|---1---
G|---2---
D|---0---
A|---0---
E|---X---

Bentuk akord tersebut dapat didefinisikan sebagai:
EADGBE     <-nama string/senar
x00212     <-fret

Tanda “x” diatas, artinya senar tersebut tidak ikut dimainkan (tidak termasuk dalam konstruksi nada).namun tanda “X” ini biasanya jg tidak dituliskan dalam Tab jika hanya berupa akord,tanda “X” jg mempunyai arti yg berbeda jika tidak dimainkan dalam bentuk Akord,atau dalam permainan melodi tanda “X” artinya mainkan 'note' dengan damping yang berat. *Jadi sebagai Catatan bahwa penggunaan 'x' *sangat* berbeda dari penggunaan 'x' saat memberikan bentuk kord.
Tanda “0” artinya senar los,(dimainkan/termasuk dalam konstruksi nada)

Contoh lain, berikut kita mempunyai sebuah Kord balok  G.

E|----3------------------------------------------------------------
B|----3------------------------------------------------------------
G|----4------------------------------------------------------------
D|----5------------------------------------------------------------
A|----5------------------------------------------------------------
E|----3------------------------------------------------------------

Jadi Jika dua atau lebih note akan dimainkan bersamaan,mereka dituliskan diatas satu sama lainnya,seperti contoh diatas. 

Symbol/karakter dalam teknik gitar
      h - hammer on
      p - pull off
      b - bend string up
      r - lepas bend
      / - geser ke atas
      \ - geser ke bawah
      v - vibrato (kadang dituliskan ~)
      t - tap dengan tangan kanan
      x - mainkan 'note' dengan damping yang berat,digunakan untuk mendapatkan choppy,suara perkusi. sehingga ketika akan membunyikan note tersebut seakan-akan suaranya mati.
(untuk penjelasan lebih detail mengenai masing-masing symbol baca keterangan dibawah,tentang beberapa teknik gitar)

Catatan - Kita mungkin akan mendapatkan simbol lainnya yang digunakan untuk
hammer-on dan pull-off, sebagai contoh symbol ^ dapat digunakan untuk mengartikan hammer-on dan pull-off.

contoh :

G---2^4^2----

yang berarti "bunyikan note pada kolom ke dua, hammer-on ke kolom 4 dan pull-off ke kolom 2".

Contoh lain secara sederhana
E----------------------------------------------------------------
B----------------------------------------------------------------
G----------------------------------------------------------------
D----------------------------------------------------------------
A---------5h7----------------------------------------------------
E---0--0---------------------------------------------------------

ini berarti memainkan E terbuka (senar los) dua kali,lalu tekan senar A pada kolom 5 dan hammer/ketuk pada kolom 7 tanpa dipetik lagi.(untuk yg lain cara memainkannya sama,tergantung dari instruksi symbol yg digunakan,baca keterangan symbol dan bagaimana cara memainkannya,seperti penjelasan dibawah ini)

Berikut Beberapa Teknik Gitar Yang Harus Dikuasai Seorang Gitaris
  1. Alternate Picking : Gerakan kebawah dan keatas dalam memetik senar gitar"string" secara konstan dan bergantian. 
  2.  Slur : teknik Slur ini termasuk salah satu teknik dasar yang penting dalam bermain gitar elektrik maupun gitar akustik,Teknik slur ini di bagi menjadi 2 yaitu  Hammer-On (ascending slur) dan Pull-Off (descending slur).
.A.Hammer-On : Teknik memetik senar gitar dengan cara mengetuk (hammer/palu) di not ke-2 yang lebih tinggi dengan menggunakan jari tangan kiri yang lain tanpa harus dipetik lagi.
 B.Pull-Off : Teknik memetik senar gitar dengan cara mengetuk pull (mencongkel) di not ke-2 yang lebih tinggi dengan menggunakan jari tangan kiri yang lain tanpa harus dipetik lagi.sementara notPertama masih berbunyi. 
  1. Legato : Legato merupakan teknik gabungan slur dari beberapa nada (biasanya dari nada tinggi ke rendah) yang dirangkai menjadi satu kesatuan dalam satu permainan. 
  2. Bending : Teknik ini pada dasarnya adalah meninggikan bunyi nada dengan cara di gerakan ke atas atau ke bawah dalam satu kolom dengan menggunakan jari.Ada 3 macam teknik Bending, yaitu:
    1. Natural Bending Cara memainkannya : Senar ditekan dengan not yang dikehendaki, lalu jari tersebut digerakan keatas atau kebawah sehingga    bunyi yang dihasilkan lebih tinggi dari bunyi not semula. Untuk senar 1(E), 2(B) dan 3(G) bending dimainkan keatas, sedangkan senar 4(D), 5(A) dan 6(E) dimainkan ke bawah.
    2. Release Bending Cara memainkannya : Bending dilakukan terlebih dahulu sebelum dipetik sehingga belum menghasilkan suara, setelah senar digerakkan ke atas kemudian senar tersebut dipetik dan dikembalikan ke not asal tanpa dipetik kembali. 
    3. Unision Bending Cara memainkannya : Senar yang lebih tinggi atau not yang lebih rendah dari 2 not, di-bending sampai memiliki not yang sama dengan not yang lebih tinggi dan dibunyikan secara bersamaan.  
  3. Slide : Teknik menggeser jari yang menekan senar dengan not tertentu menuju ke not yang lain dengan arah maju atau mundur (Ascending slide atau Descending slide).
  4. Harmonic : Teknik yang dilakukan untuk menghasilkan suara lebih tinggi dari not asal menggunakan teknik sentuhan jari "touch" .
  5. Tapping : Teknik yang dimainkan tanpa menggunakan pick atau pemetik, melainkan dengan cara jari-jari kedua tangan berada di neck gitar, maka teknik tapping ini bisa juga disebut teknik Two Handed. Teknik tapping ini didasari oleh teknik slur yaitu Hammer-On dan Pull-Off yang dikombinasikan dengan Tap pada jari tangan kanan.
  6. String Skipping : Teknik yang di mainkan dengan cara melewati (melangkahi) 1 senar atau skip senar.
  7. Sweep Picking : Teknik yang di mainkan seperti gerakan mengusap (sweep), dan di gunakan untuk memainkan teknik yang di sebut Sweeping.
  8. Arpegio: Teknik memetik senar degan cara memecah nada dari sebuah chord atau kunci gitar secara bergantian (teratur) . Paling sering di aplikasikan untuk Sweep Picking (Sweeping) tapi arpegio juga bisa di mainkan dengan teknik lain seperti String Skipping yang di sebut "String Skipping Arpegio".  
  9. Ascending : Permainan bergerak dari nada rendah ke nada tinggi.
  10. Descending : Kebalikan dari ascending, yaitu permainan bergerak dari nada tinggi ke nada rendah.
  11. Barre : Satu jari yan menekan beberapa senar atau fret sekaligus.
  12. Chicken picking / hybrid picking : Teknik petikan denga menggunakan pick dan jari. biasanya sering di pakai oleh musisi country. 
  13. Five not per string : Lima not tiap senar.
  14. Passing note : Nada yang berfungsi sebaga penghubung.
  15. Range : Rentang atau jangkauan nada.
  16. Slide up : Membunyikan satu nada kemudian menggeser ke nada yang lebih tinggi. 
  17. Slide down :Kebalikan dari slide up.
  18. Stretching : Gerakan membentangkan jari yang berdekatan sejauh mungkin.
Nah,berikut ini adalah contoh Tabulasi yang ane buat menggunakan softwhare guitar pro

























Untuk mendengarkan hasil soundnya seperti apa bisa di dengarkan ataupun di download Disini,karena tab diatas memang merupakan bagian dari melodi interlude dari lagu band ane, yg ane buat, hehe..

1 komentar :

  1. Salam kenal, mohon izinkan saya berbagi link buat yg ingin memperdalam berbagai teknik gitar secara lengkap silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com
    Terimakasih

    BalasHapus